Skip to main content

Money Heist Movie Review

Money Heist Movie Review

LaCasa De Papel atau dalam bahasa Inggris Money Heist adalah serial drama televisi bertemakan kriminal dari Spanyol yang diproduseri oleh Álex Pina, seri ini awalnya dimaksudkan sebagai seri terbatas untuk diceritakan dalam dua bagian. Seri ini aslinya memiliki 15 episode yang mengudara di jaringan televisi Spanyol, Antena 3, dari 2 Mei 2017 hingga 23 November 2017. Netflix memperoleh hak penyiaran global pada akhir 2017. Mereka memangkas ulang seri ini menjadi 22 episode dan merilisnya di seluruh dunia, dimulai dengan season pertama pada 20 Desember 2017 yang diikuti oleh season kedua pada 6 April 2018. Pada April 2018, Netflix memperbarui seri ini dengan anggaran yang meningkat secara signifikan untuk menghasilkan total 16 episode baru. Season 3, dengan delapan episode, dirilis pada 19 Juli 2019. Season 4 yang berisi delapan episode, telah dirilis pada 3 April 2020. Sebuah film dokumenter yang melibatkan para produser dan para pemeran pun dirilis Netflix dengan judul Money Heist: The Phenomenon.

 

Film yang menceritakan tentang sekelompok perampok ke badan pencetakan uang Spanyol (Royal Mint of Spain) yang dipimpin oleh seseorang yang bernama "Profesor". Dia merencanakan perampokan ini dengan sangat teliti dan sangat terkesan semuanya tersusun sangat rapi. Walau memiliki ide yang sangat cemerlang dalam merencanakan perampokan, dia juga sangat menentang dengan pembunuhan dalam perampokan itu. Para perampok ini memiliki nama-nama kota sebagai panggilannya, itu semua termasuk kedalam rencana "Profesor" dimana tidak boleh ada data pribadi yang diketahui oleh masing-masing perampok dan tidak boleh ada hubungan lebih dari sekedar "rekan kerja". Namun, konflik yang selalu datang bertubi-tubi dan datang dari segala arah, konflik ini bisa datang dari perampok, profesor, polisi, dan juga para sandera.

El Professor yang diperankan oleh Alvaro Morte merupakan otak dari aksi perampokan tersebut. Professor lah yang melakukan kontrol langsung pada keberhasilan perampokan mereka dari balik layar. Sergio, nama asli dari Professor. Merupakan sosok pria yang sangat pintar dan selama bertahun-tahun memiliki ambisi untuk melakukan perampokan Bank. Professor kemudian merekrut beberapa orang untuk masuk kedalam rencananya.

 

Professor adalah orang yang sangat perfeksionis, hal ini dapat dilihat dari cara ia mengambil keputusan, selalu dipikirkan dengan matang dan hati-hati yang juga setiap plan yang dibuatnya selalu memiliki plan cadangan untuk segala skenario yang dapat saja terjadi saat aksi perampokan dilakukan. Makanya Profesor selalu mewanti-wanti anggota timnya untuk selalu ‘stick-to-the-plan’ dalam segala situasi.

 

Adu taktik antara Polisi dan tim yang dinaungi oleh El Profesor ketika melakukan perampokan menjadi sesuatu yang sangat menarik dalam film ini. Dalam kasus ini polisi bukanlah lawan yang dapat dipandang sebelah mata. Professor menguasai teknik bernegosiasi, bahkan ia juga sangat paham akan psikologis manusia, kebanyakan plan yang dibuat ia dapatkan dari prediksi terhadap reaksi-reaksi aparat kepolisian dari setiap tindakannya.

 

Scene yang paling sering muncul di Money Heist adalah dialog negosiasi Professor dengan Kepala Tim Kepolisian yang menangani kasus perampokan mereka, Raquel Murillo. Untuk mengetahui strategi yang akan dilakukan Raquel dalam menangani kasus tersebut, Professor berusaha mendekati Raquel dengan menggunakan nama samaran yaitu Salva.

Raquel sendiri adalah seorang istri yang sedang dalam proses perceraian dengan suaminya, Alberto, yang kerap kali melakukan tindakan KDRT pada Raquel. Sebagai seorang istri dan juga seorang ibu, Raquel sedang berjuang untuk mendapatkan hak asuh atas putri semata wayangnya. Di saat yang bersamaan ia juga dituntut untuk harus menyelesaikan kasus perampokan yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh El Professor.

 

Semasa hidupnya, Raquel selalu dipenuhi dengan masalah, namun, dengan cerdiknya El Professor memanfaatkan hal tersebut dengan mendekati Raquel yang sedang diambang masa perceraian. Bukan tanpa alasan, tujuan Profesor ini rupanya untuk mengulik dan mengetahui rencana pihak kepolisian untuk menangani perampokan yang dilakukan oleh timnya. Tapi Professor dan Raquel lama-lama semakin dekat, dan membuat identitas asli Professor terancam.

Sementara itu, didalam Royal Mint of Spain terdapat delapan orang tim Professor yang bekerja sesuai dengan planning yang dibuat langsung oleh Professor. Bukan jumlah yag sedikit, tapi tenang, setiap orang yang ada di dalam tim Professor tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda yang sudah pasti membuat kita dengan mudah untuk mengenali dan menyukai mereka. Hal ini juga yang secara tidak langsung membuat kita lupa kalau sebenernya mereka sedang melakukan tindakan kriminal, tidak hanya itu penonton serial drama ini pasti sangat gregetan dan pada ngedukung rencana perampokan mereka berhasil, lol.

 

Hal yang menarik dalam drama serial ini adalah cara merampok mereka yang terbilang cukup unik. Mereka tidak mengambil uang yang ada didalam Royal Mint of Spain, melainkan mereka melakukan pencetakan uang sendiri. Uang yang dicetak sebanyak 2,4 Miliar Euro.

 

Bukan tanpa alasan, professor melakukan cara tersebut karena setelah ia melakukan riset dan mendapatkan data yang ia dapat, ratusan miliar uang yang diberikan dari Royal Mint ke bank-bank untuk melakukan “liquidity injections” atau injeksi likuidiatas yang bertujuan untuk stabilasasi ekonomi tidak pernah tersalurkan dengan baik. Hal ini yang membuat Professor melakukan pencetakan uang sendiri kemudian ia sendiri yang akan melakukan injeksi pada sektor-sektor perekonomian secara langsung, Robin Hood diera milenial kali ya. Oleh karena itu, Professor menganggap bahwa tindakan yang dia lakukan bukanlah tindakan kriminal sepenuhnya.

 

Setelah disinggung dalam paragraph sebelumnya, berikut anggota dari tim yang dipimpin oleh El Profesor:

Berlin adalah tangan kanan dari Profesor yang juga menjadi pemimpin dari para perampok saat melakukan aksi dilapangan, jadi tujuh rekan-rekan Berlin lainnya, harus tunduk dan patuh pada apa-apa saja yang di instruksikan oleh Berlin. Karena Professor telah mempercayai Berlin untuk memimpin tim saat berada di Royal Mint of Spain. Sebenarnya alasan utama dipilihnya Berlin, karena Ibu Berlin memiliki hubungan dengan pria lain, dimana pria tersebut merupakan ayah kandung Professor. Jadi mereka berdua adalah saudara tiri. Berlin juga diam-diam menyimpan rahasia kalau dia mengidap penyakit Helmers Myopathy, sejenis syndrome pelemahan pada otot.

 

Walaupun punya hubungan dengan professor, tapi Berlin dipercaya karena kemampuan dan pengalamannya dalam memimpin pencurian dan perampokan.

 

Dengan sifat arogan, narsis dan kadang sesekali terlihat jiwa psikopatnya. Berlin tidak memiliki empati bahkan menyuruh rekan tim nya Denver untuk membunuh seorang sandera yang tidak patuh pada mereka, padahal sandera tersebut sedang mengandung bayi. Selain daripada itu, hal yang paling iasukai adalah ketika ia bercengkrama dengan para sandera, ia yakim dengan cara ini ia dapat membuat good impression ke orang-orang yang baru mengenalnya.

 

Walaupun begitu, Berlin merupakan salah satu tokoh favorit dalam film ini, karena dia rela melakukan apapun untuk menyelamatkan tim nya.

Tokio merupakan tokoh yang menjadi narasi dalam serial ini. Season awal yang dimana menceritakan Tokio sedang melarikan diri dari kejaran polisi setelah melakukan perampokan. Saat itu dia bertemu dengan Professor yang mengajaknya bergabung bersama tim yang akan ia bentuk. Tokio ini orangnya gegabah dan emosinya suka meledak-ledak, biasanya selalu bertindak sebelum mikir, cepet mengambil keputusan, dan enggak sabaran. Tapi nantinya dia selalu nyesel sama tindakannya sendiri. Pokoknya dia ini anggota tim yang paling bebal.

 

Tapi Tokio ini orang yang sangat perhatian terutama sama orang yang dia cintai. Dalam serial ini, Tokio terlibat cinlok dengan Rio, rekan setimnya padahal udah dilarang sama Professor. Selain itu dia juga Tokio amat dekat dengan Nairobi, karena cuma mereka berdua wanita didalam timnya Professor.

Memiliki latar belakang dilahirkan dalam keluarga miskin, wanita yang satu ini rupanya sudah terbiasa dengan tindak criminal, khususnya dengan pemalsuan uang. Nairobi sangat mahir dalam hal pemalsuan uang, karena sedari kecil ia telah berkecimpung didunia kriminal. Hal buruk sempat menimpa kehidupannya, pada saat ia remaja Nairobi hamil, namun kekasihnya tidak mau bertanggung jawab dan memilih untuk meninggalkannya. Nairobi kemudian membesarkan anaknya sendiri, seorang anak laki-laki yang ia beri nama Axel. Namun karena satu dan lain hal, Nairobi berpisah dengan putranya dan direkrut masuk ke tim Professor. Professor mempercayakan Nairobi untuk menangani proses pencetakan uang selama mereka berada di Royal Mint of Spain.

 

Nairobi sendiri adalah pribadi yang aktif dan selalu memberikan motivasi pada teman-temannya yang ada didalam tim dan juga para sandera yang dapat membantunya dalam menyelesaikan misi mereka. Nairobi juga dapat memimpin proses pencetakan uang dengan baik dan hasil kerja yang sangat gemilang.

Kisah tragis yang melatar belakangi pria bertubuh gempal ini menjadi sebab akibat ia tergabung dengan tim Profesor. Moscow meninggalkan istrinya karena kecanduan narkoba, sehingga ia membawa anak laki-lakinya Denver untuk pergi bersamanya, walau sebenernya Moscow sangat menyesali keputusan tersebut. Sebelum bekerja dengan Profesor, Moscow berprofesi sebagai seorang penambang, oleh karena itu dia memiliki kemampuan dalam melakukan penggalian yang ternyata sangat diperlukan oleh Professor untuk membuka jalan keluar bagi timnya saat melakukan pencetakan uang di Royal Mint of Spain.

 

Selain itu Mosco juga setuju untuk bekerja dengan Professor untuk membayar hutang Denver yang sebelumnya bekerja pada seorang drug dealer, lilitan hutang tersebut terjadi ketika saat Denver mengantar barang pesanan, anak laki-laki itu menghilangkan 800 pil barang dagangannya sehingga ia harus menebus kecerobohannya kepada drug dealer tersebut.

 

Selain itu Moscow juga merupakan orang yang sangat perhatian dan menjadi figur ayah bagi anggota timnya, tidak hanya pada Denver anaknya tapi juga pada Tokio dan Rio.

Setelah sebelumnya disinggung, Denver merupakan anak dari Moscow, dia ikut rencana bekerja dengan Profesor karena ajakan ayahnya. Sebenarnya Denver tidak memiliki keahlian khusus namun rupanya ia disebutkan bahwa dia sangat pandai dan gemar berkelahi. Meskipun gemar dan pandai berkelahi, rupanya Denver adalah sosok yang lembut, ia tidak tega ketika diperintah oleh Berlin untuk membunuh Monica Gaztamide, salah satu sandera ketika mereka melakukan misinya, Denver tidak dapat memenuhi tugas dari Berlin, lalu berusaha menyembunyikan sandera itu dari Berlin.

Rio adalah anggota termuda yang merupakan seorang expert hacker. Sebelum bergabung bersama Professor, Rio terlibat pada beberapa kasus cyber-attack. Rio memiliki pengetahuan lebih dalam bidang deep web yang dapat membantu Professor untuk membeli senjata. Namun diantara anggota tim yang lain, Rio paling tidak lihai dalam menggunakan senjata, jadi dia diberi tugas untuk mengawasi Alison Parker selama berada di Royal Mint Of Spain, seorang sandera yang diberi perlakuan istimewa oleh mereka.

 

Selama masa pelatihan oleh Professor yang dilakukan di Toledo Estate, Rio cinlok dengan rekan setimnya Tokio yang lebih tua dari dirinya.

Helsinki dan saudaranya Oslo berasal dari Serbia. Mereka berdua merupakan seorang veteran perang dan sekarang berprofesi sebagai seorang perampok. Berbeda dengan Oslo, Helsinki lebih pasif berbicara bahasa spanyol sehingga lebih banyak terlibat dialog dengan anggota tim lainnya. Sedangkan Oslo lebih banyak diamnya.

 

Plot Season 1

Season 1 terdiri dari 13 episode dan tayang pada bulan Desember 2017. Plot utama dari part 1 menceritakan kelompok Profesor yang terdiri dari delapan perampok yang melakukan pembajakan dan mengunci diri mereka di Royal Mint of Spain. Demi menyelamatkan para sandera yang ditawan oleh kelompok Profesor, kepolisian spanyol menghalakan segala taktik dan cara untuk melawan mereka yang ternyata memiliki plan yang sangat cerdik yang membuat kepolisian kebingungan.

 

Part 1 diawali dengan pertemuan Tokio dan Professor, Tokio yang gagal melakukan perampokan disebuah Bank dan sedang dikejar oleh pihak polisi, diselamatkan oleh Professor dengan syarat Tokio mau bekerja untuknya dalam sebuah misi perampokan besar yang sedang direncanakan oleh Professor. Money Heist ini memiliki alur maju-mundur, menceritakan dimasa sekarang saat perampokan dilakukan dan dimasa lalu saat Professor merekrut timnya serta melakukan pelatihan selama 5 bulan kepada mereka di Toledo Estate. Selama masa pelatihan tersebut, Professor menekankan bahwa para anggota kelompoknya dilarang bertukar informasi mengenai identitas masing-masing dan selama perampokan dilakukan diharuskan tidak ada korban jiwa baik dari pihak kepolisian maupun sandera. Di masa perampokan, tentunya ada kisah-kisah seru antara para perampok dan sanderanya. Ada beberapa sandera yang memegang peran penting dalam cerita Money Heist season 1 ini.

 

Alison Parker, merupakan salah satu sandera paling penting di season 1 ini, ia berhasil membuat tidak ada pertempuran darah diantara tim Professor dengan pihak kepolisian (tentunya ini udah diperhitungkan sama Professor, karena perampokan dilakukan pas dihari sekolah, Alison melakukan kunjungan ke Royal Mint of Spain). Alison merupakan anak dari Duta Besar Inggris di Spanyol. Keselamatannya merupakan harga mati bagi pihak kepolisian, sehingga menjadi halangan mereka untuk langsung menyerbu ke dalam Royal Mint of Spain. Hal itu tentunya dimanfaatkan dengan baik oleh tim Professor untuk dapat memberi lebih banyak waktu dalam menuntaskan proses pencetakan uang yang mereka lakukan.

Arturo merupakan direktur dari Royal Mint of Spain. Sebagai seorang pemimpin tentunya pria ini berifat bak seorang pahlawan bagi karyawannya. Namun sayang, Arturo sebenarnya orang yang pengecut dan menyebalkan.

Monica Gaztambide, merupakan sekretaris dari Arturo Roman, saat perampokan terjadi Monica dalam keadaan hamil muda. Karena suatu kesalahan Berlin menyuruh Denver untuk menembak mati Monica, tetapi Denver tidak menyanggupi perintah Berlin.

 

Plot Season 2

Season 2 dari Money Heist ini melanjutkan cerita dari season pertamanya. Namun di season kedua ini memiliki alur cerita yang  semakin tegang dan banyak pertanyaan karena sudah mendekati akhir. Season 2 ditayangkan pada April 2018. Season yang diawali dengan interogasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian setelah berhasil menangkap salah satu anggota tim Professor dan beberapa anggota tim mulai menentang perintah dari Berlin.

 

Plot Season 3

Season 3 yang berisi 8 episode ini tayang pada Juli 2019. Pada sesason  ke-3 ini mengambil setting tiga tahun setelah perampokan di Royal Mint of Spain, dimana para perampok diperlihatkan sedang menikmati hasil dari kerja keras mereka dan hidup secara terpisah di lokasi yang berjauhan satu sama lainnya.

 

Namun kebahagiaan mereka tidak berlangsung lama, hal ini dikarenakan keberadaan Rio dapat dilacak oleh Europol melalui panggilan telepon yang dilakukannya. Demi menyelamatkan Rio, Professor memutuskan untuk menjalankan rencana perampokan lama Berlin untuk menyerang Bank of Spain untuk memaksa Europol menyerahkan Rio dan menghentikan siksaan yang dialami Rio selama ditahan oleh pihak Europol.

 

Pada misi penyelamatan Rio ini, Professor memiliki anggota baru yaitu Lisbon, Stockholm, Bogota, Palermo dan Marseille. Yang mengantikan beberapa anggota terdahulu yaitu Berlin, Moscow dan Oslo yang tidak ambil bagian pada misi kali ini.

 

Pada akhir season ke-2, Raquel memilih untuk bersama dengan Professor karena mereka berdua saling jatuh cinta dan mengasihi dan rupanya hal ini berlanjut sampai diseason ke-3, Raquel ikut membantu tim Professor dengan menggunakan code name Lisbon.

Diseason sebelumnya, Monica tengah hamil hasil perselingkuhannya dengan Arturo. namun Arturo enggan untuk bertanggung jawab karena dia telah memiliki keluarga. Gara-gara Arturo menyuruh Monica mengambil handphone milikinya diruang kerja Arturo untuk menghubungi kepolisian, Monica tertangkap oleh Berlin. Berlin lalu menyuruh Denver untuk membunuh Monica dan setelah disinggung sebelumnya, Denver yang enggak tegaan hanya menembak Monica dibagian kaki. Denver lalu menyembunyikan Monica sambil merawatnya hingga sembuh. Keduanya kemudian saling jatuh cinta. Setelah perampokan di Royal Mint of Spain, Monica menikah dengan Denver, dan membesarkan anak dalam kandungannya yang diberi nama Cincinnati. Ketika Professor memberi misi lagi kepada mereka, Monica memutuskan untuk bergabung dengan Code Name Stockholm. Kemungkinan nama Stockholm diambil dari Stockholm Syndrome, dimana sebuah syndrom sandera yang menyukai penculiknya.

Palermo adalah sahabat Berlin. Mereka berdua telah lama merencanakan perampokan ke National Bank of Spain, yang menjadi misi baru tim Professor di Season ke-3 ini. Hal ini juga yang membuat Professor mempercayakan komando dilapangan ke Palermo untuk misi ini, mengantikan Berlin yang sebelumnya berada diposisi ini. Bogota juga merupakan teman dari Palermo dan Berlin. Di season ke-3 ini juga ia ikut serta pada perampokan di National Bank of Spain.

 

Marseille tidak terlalu banyak terlihat di season ini, namun merupakan karakter yang sangat penting di season ke 4. Marseille tidak pernah masuk ke dalam National Bank of Spain, namun dia membantu rekan-rekannya dan Professor dari luar. Marseille dulunya adalah seorang pembunuh bayaran.

 

Di season ini, banyak flashback yang memperlihatkan proses perencanaan perampokan National Bank of Spain antara Berlin dan Professor. Sedangkan dimasa sekarang tim Professor dapat masuk secara diam-diam ke National Bank of Spain dan menyandera para tamu, pegawai dan pengunjung disana serta mencoba untuk membuka askes ke cadangan emas dan dokumen rahasia negara. Sementara Professor dan Lisbon mengendarai RV lalu berganti dengan ambulance memberi komando dan bernegosiasi dengan pihak kepolisian.

 

Di Season ini pihak kepolisian tampil lebih beringas dari season sebelumnya dan rupanya mereka juga banyak belajar dari kesalahan terdahulu. Kali ini dibawah kepimpinan Colonel Luis Tamayo dan Inspektur Alicia Sierra, pihak kepolisian sangat terlihat berbeda dari sebelumnya.

 

Plot Season 4

Pada season sebelumnya, diceritakan Nairobi mengalami cedera pada bagian dada karena ditembak setelah dijebak oleh pihak kepolisian dibawah instruksi Alicia. Sementara Lisbon masih selamat dan ditahan oleh polisi sedangkan Professor mengira bahwa Lisbon telah meninggal, padahal kematiannya hanyalah tipu daya dari aparat kepolisian untuk mengelabuhi Profesor.

 

Setelah sempat kecewa dengan dengan season tiga yang tidak semenengangkan dua season sebelumnya, rupanya di season ke-4 ini, Lacasa De Papel seperti melakukan pembuktian dimana season 4 ini memiliki plot cerita lebih seru, menegangkan, penuh pertanyaan dan menarik. Season  ke-4 ini dimulai dengan seluruh anggota tim berusaha meyelamatkan Nairobi yang tengah sekarat karena peluru yang menikam dadanya. Sementara Tokio berusaha mengambil alih posisi Palermo dan Professor yang dibantu oleh Marseille berusaha menyelamatkan Raquel yang ditahan oleh pihak kepolisian.

Di Part 4 ini sangat greget karena kemunculan masalah baru yang menjadi sandera mereka sendiri yaitu Gandia. Gandia sendiri merupakan keamanan di National Bank of Spain, Gandia bisa meloloskan diri dari tawanan para perampok. Ia lalu melakukan berbagai cara untuk menghubungi kepolisian. Gandia seorang diri saja bisa membuat para perampok kerepotan menghadapinya.

 

 

Penulis: Rifqi Maulana

Comments

Be the first to comment.

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.
Thanks for contacting us! We'll get back to you shortly. Thanks for subscribing Thanks! We will notify you when it becomes available! The max number of items have already been added There is only one item left to add to the cart There are only [num_items] items left to add to the cart