LIVE REVIEW: Liam Gallagher – Down By The River Thames

LIVE REVIEW: Liam Gallagher – Down By The River Thames

 

London, salah satu kota yang melahirkan banyak musisi hebat kembali menggemparkan dunia setelah Liam Gallagher menggelar konser Down By The River Thames. Sebelumnya, Liam Gallagher merilis single nya yang berjudul “All You’re Dreaming Off|” yang dirilis pada tanggal 27 November 2020. Rupanya Liam Gallagher mulai jenuh dengan kehidupan dimasa pandemi ini, setelah merilis single nya ia memiliki harapan bahwa pandemi ini akan membawa kembali cinta yang sangat dibutuhkan “Mempertimbangkan tahun yang kita semua alami, saya harap ini membawa kembali cinta dan harapan yang sangat dibutuhkan,” ujar Liam Gallagher.

 

Pada masa pandemi ini banyak musisi dan seniman lainnya yang menggelar konser dengan konsep virtual events. Hal ini dikarenakan untuk menekan angka penularan virus covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia. Tetapi rupanya Liam Gallagher tidak bisa melakukan hanya dengan menggelar konser dengan konsep virtual events pada umumnya yang dilakukan didalam studio musik, studio stasiun televisi. Bahkan ada beberapa musisi dan seniman yang menggelar virtual events ini dirumah mereka. Liam Gallagher bukanlah sosok yang dapat mempersembahkan hal serupa dan sepertinya ia tidak ingin melakukan hal tersebut hanya dengan menggunakan kaos kaki dengan secangkir minuman didepan kamera.

 

Pada tanggal 9 November, Liam Gallagher mengunggah foto di akun Instagram pribadi miliknya, ia mengunggah foto yang berisikan flyer dari event “Down By The River Thames”. Unggahan tersebut menarik banyak perhatian para penggemar ex-vokalis Oasis tersebut. Rupanya hal serupa pernah dilakukan juga oleh Sex Pistols, band punk asal Inggris ini melakukan hal yang serupa pada 7 Juni 1977 dalam peluncuran single “God Save The Queen” tetapi lupakan Sid Vicious dan teman-temannya, karena Liam Gallagher melakukannya ditahun 2020 dengan kemasan yang lebih menarik.

 

 

 

Liam Gallagher dan timnya mengemas virtual events ini dengan sangat berbeda dengan apa yang dilakukan Sex Pistols sebelumnya. Mereka melakukan pengambilan gambar sebulan sebelum gelaran ini dilangsungkan. Hal ini dilakukan karena cuaca di London pada saat itu tidak dapat diperkirakan dan juga hal lain yang tidak ingin mereka dapat menganggu gelaran tersebut. Tetapi hal ini tidak menjadikan Liam Gallgher kehilangan penggemar, mereka dengan antusias membanjiri kolom komentar postingan Liam Gallagher dengan segaja bentuk sanjungan. Virtual events yang dikemas dengan sangat menarik dengan sesekali menampilkan London Eye dan pemandangan disekitarnya, rupanya Visit Britain harus menjadikan gelaran ini menjadi salah satu iklannya, lol.

 

Pada gelaran tersebut Liam Gallagher terlihat mengenakan Russian trooper hat dengan kaca mata hitam yang dilengkapi dengan balutan jaket parka hitam yang biasa ia gunakan. Lagu pertama pada album (What's the Story) Morning Glory? Hello menjadi lagu pembuka dalam gelaran tersebut. Disudut kiri layar, terlihat seseorang yang tidak biasanya berada dalam panggung yang sama dengan Liam Gallagher, ternyata sosok yang menggunakan buckethat dengan jaket hitam itu adalah Paul “Bonehead” Arthurs gitaris dari Oasis. Hal yang sangat mengagumkan ketika kita tahu para personil Oasis sudah lama tidak berada dipanggung yang sama.

 

Pada lagu berikutnya Liam Gallagher dan pengiringnya memainkan salah satu lagu andalan dari album “As You Were” yaitu wall of glass. Setelah memainkan lagu dari album “As You Were” selanjutnya Liam Gallagher menampilkan kedua lagu dari album keduanya “Why Me? Why Not” secara berurutan yaitu,  Halo dan Shockwave. Liam Gallagher tidak hanya memainkan lagu-lagu miliknya setelah hengkang dari Oasis, ia memainkan beberapa lagu Oasis seperti Columbia, Ciggaretes and alcohol, fade away dan Morning Glory yang menjadikan konser ini menjadi sesuatu yang sulit untuk dilupakan, selain daripada keunikannya kita juga dapat menyaksikan Liam Gallagher memainkan lagu dari Oasis, ketika para pecintanya sudah lama tidak melihat Liam Gallagher membawakan lagu ketika bersama Oasis.

 

Champagne Supernova, salah satu lagu andalan milik Oasis tidak lepas dari perhatian Liam Gallagher, ia menjadikan lagu ini menjadi salah satu lagu yang ia mainkan dalam virtual events ini. Tetapi Liam Gallagher menyanyikan lagu ini dengan tidak sempurna menurut kami. Instrument yang mengiringi lagu ini pun diganti dengan suara keyboard dengan durasi yang lebih pendek dari lagu aslinya.

 

Single terbaru milik Liam Gallagher yang berjudul “All You’re Dreaming Off” menjadi lagu terakhir dalam konser ini. Rupanya lagu tersebut menjadi pilihan yang tepat untuk menutup konser tersebut ketika kita mengingat penggalan lirik dari lagu ini yang berisikan “Oh what are you dreamin' of? // Is it the kind of love // That'll be there when the world is at its worst? // That'll cover you in kisses unrehearsed? // When you're losing ground still tell you that you're worth?” lirik yang sangat relevan ketika kita mengingat bahwa dunia ini sedang tidak baik-baik saja dengan segala masalah yang menimpanya, tetapi kita semua layak menghidupi kehidupan dalam kondisi seburuk apapun, best regards Liam Gallagher, tanpa ataupun dengan Oasis ia layak mendapatkan gelar Rockstar dengan apa yang ia buat selama ini.

 

Song list  Liam Gallagher's Down By The River Thames virtual events,  5 December 2020:

  1. Hello
  2. Wall of Glass
  3. Halo
  4. Shockwave
  5. Columbia
  6. Fade Away
  7. Why Me? Why Not.
  8. Greedy Soul
  9. The River
  10. Once
  11. Morning Glory
  12. Cigarettes and Alcohol
  13. Headshrinker
  14. Supersonic
  15. Champagne Supernova
  16. All You're Dreaming Of

 

Penulis: Rifqi Maulana

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.