Liam Gallagher Vs Damon Albarn: Battle of Britpop, apa kabar?

Liam Gallagher Vs Damon Albarn: Battle of Britpop, apa kabar?

Siapa yang tidak kenal Britpop? Suatu ledakan yang terjadi di era 90-an ini menjadi sesuatu yang masih banyak diperbincangkan hingga saat ini, khususnya oleh para pecinta musik. Dalam perkembangannya, Britpop yang lahir di Inggris ini rupanya memiliki persaingan yang cukup sengit. Persaingan ini melibatkan dua kelompok musik yang dewasa ini menjadi sesuatu yang cukup di agungkan. Ya, tidak lain dan tidak bukan, perseteruan antara Blur dan Oasis yang terjadi pada tahun 1995.

Meskipun banyak yang masih menganggap Britpop sebagai genre musik, rupanya sesuatu yang cukup berharga itu lebih terkait dengan gerakan selama tahun 1990-an yang dikenal membawa suasana mainstream rock alternative. Sebagian besar juga akan setuju bahwa istilah itu hanya alat pemasaran untuk menarik lebih banyak pendengar pada apa yang dilihat sebagai gerakan budaya pinggiran, bukan genre baru.

Namun era kejayaan Britpop juga rupanya pernah terpinggirkan oleh suatu hal yang dilabeli dengan istilah “Teen Pop” yang kemudian mengambil alih warna musik yang lebih pendek dan terkesan lebih “soft” dan menyelimuti beberapa penyanyi dan band paling populer di era modern (1990-sekarang) seperti Spice Girls, Britney Spears, Snow Patrol, dan Coldplay.

Kembali ke perseteruan dari kedua raksasa asal Inggris. Sebenarnya Oasis dan Blur saling memuji, sebelum perseteruan ini terjadi. Perseteruan kedua band ini melibatkan amarah, benci, cinta tak terbalas yang dibungkus dalam balutan karya dan ego dari setiap member band, dan yang paling utama adalah gengsi. Meskipun demikian, rivalitas Blur dan Oasis tak lahir dari sekedar omong kosong atau sumpah serapah, hingga akhirnya persaingan kedua band ini memanas sehingga disebut juga sebagai  'The Battle of Britpop.'

Kedua band ini juga rupanya masuk dalam kategori 'The big Four of Britpop' yang jelas menjadikan mereka sebagai band paling popular. Beberapa band seperti Blur, Oasis, Suede, dan Pulp menjadi raksasa dari industri musik kawakan asal Inggris. Meskipun pada akhirnya Suede dan Pulp memisahkan diri dari gerakan tersebut dan meninggalkan Blur bersama dengan Oasis sebagai dua tokoh paling penting dalam sejarah pergerakan musik Britpop yang paling penting.

Pada tahun 1991, ketika Noel Gallagher kembali ke Manchester, ia menemukan bahwa saudaranya, Liam Gallagher telah membentuk sebuah band. Liam meminta saudaranya untuk menjadi member dari band tersebut, dan akhirnya Noel setuju untuk bergabung hanya dengan syarat bahwa dia harus memiliki kendali penuh atas citra grup dan keputusan artistik.

Bahkan mereka berdua pun tidak bisa diwawancarai secara bersamaan karena mereka akan terus bertengkar. Satu-satunya hal yang tampaknya mereka setujui adalah nama band, Oasis, diadopsi karena poster tur di kamar saudara Gallagher. Namun meski begitu, Noel skeptis dengan nama tersebut karena menurutnya lebih terdengar seperti nama band Reggae.

Oasis adalah band yang memiliki suara sederhana dan tidak rumit, dengan balutan alunan musik yang terkesan lebih ringan. Namun, di balik itu semua, Noel Gallagher sering disebut sebagai dalang meskipun Liam adalah anggota band yang blak-blakan dan aneh yang juga sering dianggap sebagai "pemimpin." Ketika Noel bergabung dengan Oasis pada tahun 1991, dia memperhatikan bahwa anggota band memiliki keterampilan yang belum sempurna, dan untuk mengatasi hal ini, dia menciptakan ritme dan melodi yang tidak rumit atau sulit untuk dimainkan. Ini terbukti menjadi langkah jenius, dan mereka menjadi dicintai karena gaya sederhana mereka.

Noel menciptkan lagu Oasis yang kebanyakannya tentang cerita kehidupan sehari-hari untuk memberikan semangat dan harapan dengan secara langsung lewat lirik lagu yang padat dengan campuran puisi sederhana yang membuat semua orang tersenyum ketika mendengarkannya. Kepiawaian Noel membuat lagu yang ringan dan berkelas membuat lagu tersebut di bangkitkan oleh suara vokal Liam yang berkarakter dan penuh semangat. Dua jiwa ini menyatu membentuk identitas yang sangat kuat tercermin pada lagu-lagunya.

Pada tahun 1994, Blur sedang menikmati kesuksesan besar dengan rilisan album Parklife, yang membuat mereka sebagai salah satu band  terbaik Inggris setelah periode yang cukup lama dan tidak pasti di awal tahun mereka berdiri.

Selama Brit Awards 1995, Damon Albarn mencoba memberikan sambutan setelah Blur menerima empat penghargaan, pada saat itu ia mengatakan, "Saya pikir ini seharusnya dibagikan dengan Oasis." yang kemudian dilanjut oleh  sang gitaris yaitu Graham Coxon kemudian berkata, "Ya, banyak cinta dan hormat kepada mereka." Ujar salah satu pendiri band asal kota London tersebut.

Gayung bersambut, Oasis memproduksi "Some Might Say," sebuah single yang berhasil menembus nomor satu di tangga lagu pada saat itu. Damon Albarn pun menghadiri perayaan mereka dengan bertujuan untuk memberi selamat kepada mereka. Liam dilaporkan datang kepadanya dan berkata, "Nomor satu," tepat di wajahnya. Albarn ingat dan berpikir, "Oke, kita lihat saja ..." ujar vokalis Blur tersebut.

Pada titik ini, Oasis dan Blur keduanya memiliki album terbaru yang dijadwalkan untuk tanggal rilis pada Musim Gugur 1995, Blur pada bulan September dan Oasis pada bulan Oktober. Hal ini tidak menjadi masalah karena album dapat dirilis dan tidak akan mengganggu kemajuan satu sama lain. Itu adalah tanggal rilis single mereka yang bentrok. Oasis memiliki single mereka yang dijadwalkan akan dirilis satu minggu sebelum single Blur “Country House.”

Masalah ini dijelaskan oleh Andy Ross. Dia menyatakan, “Kami pikir mereka gila.” Tapi masalahnya, rekor nomor satu cenderung memiliki peluang yang lebih baik untuk menjadi mega bintang pada saat itu. Satu minggu setelahnya, hanya karena ada di Top of the Pops, dan semua anak mendengarnya.” Ini berarti karena Oasis telah menjadwalkan single mereka satu minggu sebelum Blur, kemungkinan besar akan tetap sebagai nomor satu, tidak memberi Blur kesempatan untuk bersaing. Inilah sebabnya mengapa tanggal rilis harus dipindahkan. Jadi, keputusannya adalah merilis Roll With It pada hari yang sama dengan Blur merilis Country House. Tanggal rilis kedua pun ditetapkan pada 14 Agustus dan suasana berubah menjadi tegang. Kedua band siap untuk mengklaim hadiah yang mereka anggap sebagai hak mereka.

Hal tentang persaingan adalah bahwa itu lebih dari sekadar gelar atau bahkan musik, itu adalah pertempuran antara sistem kelas Inggris. Blur berasal dari Selatan, yang dengan stereotip, berarti bahwa member bandnya lebih berpendidikan dan lebih stabil secara finansial daripada Oasis, yang berasal dari Utara. Tak satu pun dari member band Oasis pergi ke perguruan tinggi, dan sebelum karir musik mereka, mereka menghabiskan waktu sebagai pekerja konstruksi. Oasis menjuluki Blur sebagai "penggila sekolah seni" sementara pers menganggap Oasis sebagai pahlawan kelas pekerja. Masalahnya bukan karena kedua pernyataan itu kurang lebih benar, tetapi bahwa publik tampaknya tertarik pada pandangan satu dimensi dari band-band ini.

Pada titik ini, Blur dianggap tidak autentik dan asli. Oasis hampir dijamin menang dengan “Bookmaker bahkan memberikan band odds 6–4, menguntungkan mereka” seperti yang dinyatakan oleh Trash Theory. Tetapi ketika saatnya tiba, Blur menang dengan 58.000 eksemplar, memenangkan pertempuran Top of the Pops. Mereka kemudian tampil di konser TOTP, bermandikan kemenangan manis mereka. Alex James bahkan mengenakan t-shirt Oasis, semakin memusuhi musuh bebuyutan mereka.

Tapi tidak semua member band menikmati kemenangan mereka. Gitaris Blur, Graham Coxon, setelah tidak terlihat menikmati penampilannya, hampir melompat keluar jendela sambil minum malam itu. Alex James berkomentar sebagai berikut: “Saya pikir Graham hanya berpikir 'Ya Tuhan, ini bukan yang saya inginkan ketika saya mendengarkan Pixies dan Pete Townsend. Saya tidak ingin duduk di klub soho dengan rekor keuletan di nomor satu. Apa yang telah saya lakukan.”

Ketika album kedua band keluar, The Great Escape milik Blur mencapai nomor satu di tangga lagu, tentu saja, tetapi tidak pernah menerima pengakuan yang sama dengan (What's the Story)? Morning Glory milik Oasis yang lengkap dengan lagu hits “Wonderwall.” Itu menjadi album terlaris keempat sepanjang masa di Inggris, dan bahkan dicintai di Amerika, negara yang berulang kali gagal dikenali oleh Blur. Kemudian, di Brit Awards 1995, Oasis memenangkan tiga album, meninggalkan Blur tanpa apa-apa. Dalam pidatonya, Oasis mengolok-olok Blur dengan menyanyikan lirik salah satu lagu mereka, mengatakan, “All the people, all the people, so many people…”

Kemudian, pada tahun 1996, Oasis menjual dua konser di Knebworth, “dua konser terbesar dalam sejarah Inggris” sebagaimana dinyatakan oleh Trash Theory. Faktanya, empat persen penduduk Inggris (2,5 juta orang) membeli tiket. Setelah kemenangan jelas Oasis, gerakan Britpop melambat dan kemudian berhenti sama sekali dengan Blur akhirnya menjadi hits di Amerika.

Setelah mereka mulai hanyut dalam gaya yang lebih berhubungan dengan band-band Amerika seperti Pavement dan Beck, mereka akhirnya menghasilkan lagu mereka yang paling populer di Amerika, “Song Two,” yang masih diakui secara luas. Ironisnya, ini juga merupakan lagu yang paling berbeda dari lagu mereka yang lain.

Blur, meskipun Google mengatakan mereka masih aktif, sebagian besar tidak aktif, dan hanya sedikit yang muncul sebelumnya. Tahun 2003 adalah menjadi mimpi buruk bagi Damon Albarn dan member lainnya yang menjadi akhir waktu mereka. Sedangkan rivalnya Oasis, berhasil menancapkan kejayaan yang berlanjut hingga tahun 2009.

Sejarah terulang beberapa saat kemudian, ketika perselisihan antara Oasis dan Albarn pecah pada tahun 2005 ketika lagu Oasis “The Importance of Being Idle” terlempar dari posisi nomor satu di tangga lagu oleh lagu Albarn “Dare.” Perselisihan itu bukan topik hangat karena pertempuran Top of the Pops terjadi pada tahun 1995, tetapi dicatat di beberapa surat kabar terkemuka.

Rupanya, persaingan mereka semakin memanas. Hal ini dikarenakan personel dari kedua band ini masing-masing melakukan serangan secara verbal seperti apa yang di ucapkan Liam saat diwawancarai The Observer “Saya ingin melihat Albarn dan Alex James (bassist Blur) meninggal karena AIDS”. Setelah apa yang di katakan Liam langsung mencabut perkataannya dan meminta maaf apa yang telah dia ucapkan.

Blur boleh jadi memenangkan persaingan kedua band ini namun Oasis lah yang mampu menguasai medan perang pada akhirnya. Seiring waktu suhu rivalitas mereka mulai menurun karena melemahnya pengaruh Britpop hingga konflik Liam dan Noel yang berujung pada bubarnya Oasis.

Noel dan Albarn akhirnya tampil satu panggung lagi semenjak perseteruan mereka dan membawakan lagu klasik milik Blur, “Tender,” dalam rangka kegiatan amal pada tahun 2013. Dua tahun setelah kejadian itu mereka kembali bermain bersama yang menghadiri perayaan ulang tahun bassist grup punk-rock veteran, The Clash Paul Simonon yang ke-60.

Albarn mengajak Noel untuk mengisi vokal di track “We’ve Got the Power” yang termaktub dalam album Humanz. Liam, yang melihat sekarang kenyataan tersebut, makin beringas merisak Noel. Usai Oasis bubar, hubungan kakak-adik ini memang berada pada ujung jurang yang cukup curam.

Tapi sementara Blur telah mundur ke sudut gelap sejarah, Gallagher Brothers dan perkelahian terkenal mereka masih sangat banyak di media. Meskipun, mungkin ada sesuatu yang berbeda tentang hubungan mereka saat tahun dimulai pada tahun 2021.

Tetapi hanya tiga tahun kemudian, ketika tahun 2021 dimulai, dua bersaudara, Noel dan Liam Gallagher, mencoba untuk memperbaiki hubungan mereka. MSN mengatakan, "Bintang Oasis Liam Gallagher memulai tahun 2021 dengan mencoba mengakhiri perseteruannya yang telah berlangsung lama dengan saudara laki-laki Noel, mengatakan kepadanya bahwa dia mencintainya dan bahwa ini adalah tahun mereka." Ini adalah awal yang penuh harapan untuk tahun baru dan akhir dari pertumpahan darah. Satu-satunya pertarungan antara Oasis dan Blur adalah untuk membuat musik yang lebih baik, dan kontribusi mereka terhadap evolusi rock modern tidak dapat disangkal. Tampaknya satu-satunya masalah asli itu adalah media dan stereotip yang salah.

 

Penulis: Ikhsan Setiawan

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.