Oasis Knebworth 1996: Film Garapan Liam Dan Noel Yang Tayang Pada Bulan September.

Oasis Knebworth 1996: Film Garapan Liam Dan Noel Yang Tayang Pada Bulan September.

Gallagher Brother, dua kaka beradik yang sangat familiar dengan perseteruan bak air dana api ini memang selalu mendapatkan perhatian khusus bagi para pecinta musik, khususnya para pecinta musik pop. Memang tidak terbantahkan, perseteruan yang entah bagaimana awal mulanya ini banyak dikaitkan dengan bubarnya band kondang asal kota Manchester, Inggris ini.

 

Kesuksesan Oasis memang seolah menjadi titik balik musik Inggris kembali mendapatkan atensi dari media dan khalayak luas diberbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, hits seperti Champagne Supernova, Wonderwall, Live Forever, Rock ‘n; Roll Star dan Roll With It hingga saat ini seolah menjadi “healing” dan masih banyak dinikmati oleh banyak orang.

 

Beberapa pekan yang lalu band mega bintang ini menjadi perbincangan yang cukup menarik ketika kita mengingat perseteruan tanpa titik temu antara Liam Gallagher dan Noel Gallgher berubah menjadi kekompakan antara satu sama lain berkat tangan dingin sutradara film asal Inggris, Jake Scott. Rupanya Scott sebelumnya telah membuat video musik untuk R.E.M., U2, The Verve, Oasis dan The Rolling Stones.

 

Scott yang juga dibantu oleh Sony Music Entertainment menggaet Liam Gallagher yang bersama dengan kakak kandungnya Noel Gallagher menggarap film dokumenter yang menceritakan band pop asal Inggris ini pada gelaran konser Oasis yang bersejarah yang digelar pada 10 Agustus 1996 di Knebworth Park yang dihadiri 250.000 penonton selama dua hari.

Sutradara asal Inggris ini menggaet Gallagher Brother sebagai eksekutif produser untuk film dokumenter yang berjudul “Oasis Knebworth 1996” ini. Film yang rencananya akan rilis pada bulan September, dan dirilis di bioskop oleh Trafalgar Releasing.

 

Dalam film dokumenternya ini, Scott memberikan tayangan yang terdiri dari arsip konser dan cuplikan video di belakang panggung yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, serta terdapat juga wawancara langka dari band Oasis dan penyelenggara konser.

 

Noel sempat mengabarkan bahwa pertunjukan Knebworth tersebut akan dirilis sebagai dalam bentuk alum live konser. Namun, ia tidak memberikan informasi tambahan terkait waktu perilisan album tersebut.

 

Dalam keterangan resminya, vokalis Oasis yaitu Liam Gallagher menganggap bahwa konser tersebut tak ubahnya seperti konser Woodstock. "Knebworth bagi saya adalah Woodstock tahun 90-an. Itu semua tentang musik dan orang-orangnya. Saya tidak dapat mengingat banyak tentang itu, tetapi saya tidak akan pernah melupakannya. Itu Alkitabiah," ujar Liam Gallagher seperti yang diberitakan NME (13/7) "Saya tidak percaya kami tidak pernah memainkan 'Rock 'n' Roll Star!" timpal Noel.

 

Konser yang digelar pada tahun 1996 itu juga dinobatkan sebagai konser dengan jumlah pengunjung terbesar yang pernah ada dalam sejarah Inggris. Tercatat, lebih dari dua persen dari populasi Inggris membeli tiket tersebut.

 

Film besutan pemenang Grammy ini juga akan menampilkan sejumlah lagu hits yang membuat Oasis menuju puncak popularitasnya, termasuk 'Champagne Supernova', 'Don't Look Back In Anger', 'Live Forever', 'Roll With It', 'Acquiesce', 'Some Might Say' dan 'Wonderwall'.

 

"Film ini merayakan kisah hubungan khusus antara Oasis dan penggemar mereka yang membuat konser terbesar tahun 90-an menjadi mungkin," seuntai kalimat dalam sinopsis untuk film dokumenter tersebut.

 

"Itu diceritakan sepenuhnya pada saat itu melalui mata para penggemar yang ada di sana, dibangun di sekitar arsip konser yang luas dan belum pernah dilihat sebelumnya dan cuplikan di belakang panggung dari acara tersebut, dengan wawancara tambahan dengan band dan penyelenggara konser."

 

Scott juga mengklaim bahwa film dokumenter ini tidak sama dengan dokumenter musik lainnya. Tidak ada wawancara di depan kamera ataupun kenangan selebritis ternama yang ia rasa tidak perlu. Selain daripada itu, ia juga mengklaim bahwa film yang ia kerjakan bersama Gallgher Brother ini layak bersanding dengan film dokumenter seperti “Let It Be”, “Monterey Pop” dan “Ladies and Gentlemen: The Rolling Stones”, film dokumenter yang menceritakan kisah tragis di Altamont yang juga menjadi titik balik mereka pada akhir tahun 1960-an.

 

Noel Gallagher dan Liam Gallagher sama-sama memposting mengenai perilisan film dokumenter berjudul “Oasis Knebworth 1996” yang memakai cover wajah Liam terpampang di Instagram mereka masing-masing. Seperti diketahui, hubungan Noel dan Liam sendiri tidak harmonis sejak perpecahan Oasis pada 2009 silam.

 

 

“Ini semua (Oasis Knebworth 1996) tentang musik dan orang-orang yang berada di sana. Saya tidak dapat mengingat banyak tentang hal itu, tetapi saya tidak akan pernah melupakannya.” ujar Liam dalam sebuah pernyataan.

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.