Terrace Party Alliance // Ignite The Terrace: Kolaborasi Prung Terraceswear X Militan Company

Terrace Party Alliance // Ignite The Terrace: Kolaborasi Prung Terraceswear X Militan Company

Football is coming now! Rupanya menjadi kalimat yang pantas untuk diteriakan setelah sekian lama perhelatan sepak bola di negara ini tak kunjung menunjukan kapan akan dimulainya laga demi laga bergulir. Namun beberapa pekan yang lalu gelaran yang sangat dinantikan oleh masyarakat yang mencintai permainan ini kembali digelar. Teriak, amarah, rasa senang dan rasa lainnya kembali terasa dalam atmosfer sepak bola yang sangat besar.

 

Tidak lama dari digelarnya persepakbolaan di Indonesia, Prung Terraceswear dan Militan Company menjalankan kerja sama nya dalam bentuk kolaborasi. Kedua brand ini rupanya akan mencoba memberikan gebrakan dan warna baru dalam suatu kolaborasi. Bagaimana tidak, jika melihat latar belakang kedua brand ini bisa dibilang memang saling bertolak belakang, walaupun ada beberapa point yang menyatukan mereka dalam projek kolaborasinya.

 

Prung Terraceswear, mungkin seperti pada nama yang digunakan, secara garis besar Prung Terraceswear adalah salah satu brand yang berkecimpung dalam dunia subkultur tribun sepak bola. Brand asal kota Bandung ini berdiri pada tahun 2011 dan terus melakukan invasi kebebarapa kota dan negara yang memiliki minat dan antusias yang sama dengan apa yang di usung oleh Prung Terraceswear itu sendiri.

Militan Company, brand asal kota Malang ini memfokuskan dirinya dalam hal-hal yang berbau pyrotechnic. Brand yang berdiri pada tahun 2014 ini juga rupanya memiliki ketertarikan dan keterikatan dengan dunia military. “karena pyrotechnic mempunyai hubungan dengan dunia military, kami juga sering dapat project yang berhubungan dengan military, jadinya Militan Company tidak bisa lepas dari hal hal yang identik dengan Military. Karena kami juga menyukai hal tsb, kedepanya kami ingin expand untuk produk clothing dengan tema military.” Ujar Adit, owner dari Militan Company.

Kolaborasi yang dilakukan oleh Prung Terraceswear dan Militan Company ini bertajuk Terrace Party Alliance // Ignite The Terrace. Dalam kolaborasi ini, Prung Terraceswear dan Militan Company mereka meluncurkan beberapa produk seperti dua artikel t-shirt, totebag dan satu yang paling unik, smokebomb dan flare yang dibuat langsung oleh Adit dari Militan Company yang sudah melalui riset panjang dan berkelanjutan.

 

Gairah dan kultur tribun sepak bola Indonesia memang sudah menjadi sesuatu yang sangat besar hingga saat ini dan kegilaan ini menjadi salah satu alasan Prung Terraceswear dan Militan Company menjalin kerja sama dan menjalankan kolaborasi ini adalah kesamaan mereka akan gairah tribun sepak bola yang ada di Indonesia. Menurut Adit, Prung Terraceswear adalah salah satu brand dengan kultur sepak bola yang kuat dan pyrotechnic adalah salah satu bagian dari kultur tribun sepak bola. kesamaan sudut pandang akan kultur tribun sepak bola dari kedua brand ini seolah menjadi penguat tekad mereka untuk berkontribusi dalam dunia kultur dan subkultur sepak bola Indonesia.

 

Berbicara tentang regulasi dan beberapa aturan yang mengatur dunia sepak bola, khususnya di Indonesia. Smokebomb dan flare adalah sesuatu yang dilarang, tidak hanya di Indonesia beberapa negara yang berada di bawah naungan FIFA menolak dan meng-haramkan kehadiran kedua alat tersebut. Namun siapa yang peduli, persetan dengan regulasi dan segala aturannya, karena sejatinya sepak bola harus dirayakan dengan sesuatu yang menyenangkan, salah satunya adalah kepulan asap dan nyalakan flare di atas tribun.

 

Segelintir orang memiliki penafsiran bahwa smokebomb adalah sesuatu yang sangat berbahaya jika berada di atas tribun. Namun menurut Adit smokebomb yang ia produksi berbeda dengan apa yang dijual dipasaran “Kalo untuk produk yang kami buat, kami melakukan research secara mendalam, dan bisa kami pastikan bahan bahan yang terkandung dalam produk kami masih tergolong tidak beresiko pada kesehatan. Kalo untuk produk smoke bomb dan flare yang ada dipasaran kami tidak bisa pastikan karena smoke bomb umumnya yang dijual di toko kembang api banyak yang masih mencampurkan bahan sulfur sebagai burning agentnya dan bahan itu bisa mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang apabila kita menghirupnya. Karena banyak juga supporter yang menjual smoke bomb import yang durasi 3 menit bahkan ada yang 15menit, yang sebenarnya produk itu di desain untuk signal (S.O.S) saja.”

Jika mengingat rivalitas dalam sepak bola, kedua kota dimana Prung Terraceswear dan Militan Company berdomisili ini memiliki rivalitas yang cukup panas dan menegangkan, tidak jarang, pertemuan kedua tim dari kota masing-masing yang mewakili brand ini memicu keributan. Namun siapa yang peduli, rivalitas hanya berlangsung selama pertandingan berlangsung dan sisanya ya biasa-biasa aja kaya biasa, lagian gak ada yang perlu diperluas dari sisi rivalitas sepak bola dan Prung Terraceswear akan terus mendobrak batasan-batasan dan stigma negatif itu yang terkadang menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Persetan dengan segala bentuk permusuhan! Jalin pertemenan dan bangun koneksi seluas mungkin tanpa harus ada dinding yang membatasi itu semua, kalo kata Youth of Today “We must overcome this problem to live life peacefully, Break down the walls!”

 

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.